Selasa, 28 Maret 2017

Pengertian Komputer

Pengertian Komputer

Istilah komputer sendiri diambil dari bahasa asing ( Inggris ) yaitu to compute yang mempunyai pengertian menghitung, sementara dalam bahasan latin disebut dengan computare. Secara konsep dasar komputer adalah perangkat elektronik yang dapat melakukan perhitungan operasi aritmatika, jadi apabila sobat menemukan perangkat elektronik yang dapat menghitung seperti kalkulator, handphone dan lain sebagainya yang bisa mengerjakan perhitungan aritmatika, perangkat tersebut masuk dalam kategori komputer juga.
Dari uraian diatas bisa disimpulkan, pengertian komputer adalah sebuah perangkat elektronik yang terdiri dari jutaan komponen yang dapat berkerjasama dan melakukan pekerjaan secara otomatis sesuai dengan intruksi yang diberikan dan kemudian menghasilkan output berupa informasi. Apabila sobat membaca buku Computer Organization karya dari V.C hamacher dijelaskan bahwa komputer adalah perangkat elektronik yang dapat menghitung dengan cepat serta bisa menerima informasi data digital , memproses dan kemudian menghasilkan data berupa informasi.
Setelah sobat mengetahui mengenai pengertian komputer, sekarang kita akan mengulas mengenai beberapa fungsi komputer serta manfaat yang bisa kita peroleh dengan adanya komputer. Ok kita langsung ke TKP.
Baca juga :

Fungsi Komputer Dalam Kehidupan Kita

Secara garis besar fungsi komputer sendiri adalah membantu pekerjaan manusia sehari - hari seperti menghitung, komunikasi, controling, hiburan dan lain - lain, dengan adanya komputer pekerjaan kita menjadi lebih cepat. Akan tetapi secara terperinci fungsi komputer dalam segala bidang adalah sebagai berikut

1. Bidang Kesehatan

Diera sekarang ini komputer sangat dibutuhkan dalam dunia kesehatan, sehingga pekerjaan dibidang kesehatan dapat dengan mudah diselesaikan, salah satu contoh fungsi komputer dalam bidang kesehatan adalah adanya aplikasi komputer yang digunakan untuk USG ( Ultra Sonografi ).

2. Bidang Usaha Dan Bisnis

Dalam dunia bisnis komputer sangat diperlukan, karena dunia usaha dan bisnis membutuhkah sekali kecepatan dan ketepatan dalam proses menghitung neraca dan keuangan. salah satu contoh fungsi komputer dalam dunia bisnis adalah adanya aplikasi akuntansi dan keuangan.

3. Dalam Bidang Pendidikan

Dalam dunia pendidikan fungsi komputer sangat banyak sekali, hal ini terbukti dengan banyaknya aplikasi pendidikan yang sekarang ada. salah satu contohnya adalah adanya aplikasi pendaftaran, pembayaran, dan ujian yang kesemuanya menggunakan perangkat komputer. Selain itu mudahnya mencari informasi dan modul pendidikan dengan menggunakan komputer yang terhubung ke internet merupakan fungsi komputer dalam dunia pendidikan yang paling utama.

4. Dunia Hiburan

Fungsi komputer dalam dunia hiburan sangat banyak sekali, seperti mempermudah kita untuk melihat video, memutar musik, karaoke dan lain sebagainya. Dan yang paling banyak digandrungi sekarang ini adalah streaming video yang bisa dilakukan dengan menghubungakan komputer dengan internet.

5. Bidang Komunikasi

Adanya komputer sangat mempermudah kita untuk melakukan komunikasi, sebagai contoh saat ini banyak sekali bermunculan aplikasi chating, video call dan juga social media yang sangat membantu sekali untuk komunikasi baik dengan teman, rekan kerja atau dengan keluarga.

6. Bidang Keamanan Dan Pertahanan

Dalam bidang keamanan dan pertahanan komputer sangat penting sekali, dengan adanya komputer suatu negara dapat memantau keamanan wilayahnya dengan mudah dan lebih teliti. Selain itu pihak pertahanan dapat mengontrol berbagai alat keamanan dengan menggunakan komputer. Sementara untuk di lingkungan kita, komputer dapat memantau keamanan lingkungan dengan menggunakan alat berupa CCTV.
Itulah ulasan mengenai pengertian dan fungsi komputer, semoga ulasan diatas bisa bermanfaat untuk sobat komputer sekalian dan sampai jumpa lagi di artikel berikutnya yang tentu bermanfaat untuk kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar