Selasa, 28 Maret 2017

Pengertian Software, Hardware dan Brainware

Pengertian Software, Hardware dan Brainware

Gambar-software-hardware-brainware

Pengertian Software

Software atau disebut dengan perangkat lunak adalah sebuah sekumpulan data digital yang berbentuk program yang digunakan untuk menjalankah sebuah perintah. Karena merupakan data digital jadi software tidak bisa kita pegang dengan tangan. Beberapa contoh dari software adalah sistem operasi dan aplikasi.

Pengertian Hardware

Perangkat keras atau disebut dengan Hardware adalah kumpulan komponen elektonik yang membentuk sebuah sistem komputer, komponen ini bisa kita sentuh dan dilihat dengan kasat mata. Beberapa contoh dari hardware adalah sebagai berikut :
Perangkat Input merupakan pengkat keras atau hardware yang berfungsi sebagai media untuk memasukan perintah kepada komputer untuk diproses. Beberapa contoh dari perangkat input adalah Mouse, Keyboard, Microphone, Scanner, Joystick, touchpad dan lainnya.
Perangkat Proses adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai pemroses perintah yang telah diberikan ke komputer oleh pengguna. Contoh dari perangkat proses adalah Processor.
Perangkat Output adalah perangkat keras yang berfungsi untuk mengeluarkan atau menampilkan hasil dari perintah yang telah di proses, beberapa contoh dari perangkat output adalah, monitor, speaker, printer, ploter dan lainnya.
Perangkat Penyimpan atau disebut Storage adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan data yang telah di proses, beberapa contoh dari perangkat penyimpan adalah Harddisk, FlashDisk, Compact Disk dan Lain Lain.
Baca juga :

Pengertian Brainware

Brainware atau disebut denga pengguna merupakan orang yang mengoprasikan komputer dalam hal ini adalah manusia. Tanpa adanya brainware komputer tidak akan bisa dijalankah. Oleh sebab itu peranan dari pengguna atau dalam bahasa kerennya disebut dengan Brainware sangat penting sekali.
Dari sini sudah jelas bukan mengenai pengertian Software, Hardware dan Brainware yang ada di dunia komputer ?. sekita ulasan yang dapat disampaikan, semoga ulasan diatas bisa bermanfaat untuk sobat komputer sekalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar